REVIEW MOVIE: KALEL, 15 (2019)


Konsep black and white di sebuah film biasanya jatuhnya antara membosankan atau justru menaikkan emosi yang terjadi di film. Untung nya film as always Filipina yang baru saja ditonton secara legal di Netflix ya itu Kalel, 15 masuk dalam kategori kedua yaitu menaikkan emosi yang terjadi di film. Cerita Kalel, 15 tentang kisah kehidupan Kalel yang hidup dengan ibu dan kakak tirinya, ayah mereka yang seorang pastor telah lama berpisah dengan ibu Kalel. Kalel di usia yang masih remaja, harus menerima kenyataan pahit kalau dirinya menderita HIV. Perjalanan hidup Kalel tiap hari silih berganti dengan timpa tindih persoalan yang harus dihadapinya. 

Karya dari seorang sutradara Jun Lana ini bisa dibilang sangat menarik dan membekas setelah menontonnya. Kisah pilu dan bertubi-tubi persoalan yang dihadapi Kalel di usia yang masih remaja terlihat begitu tidak masuk akal memang, namun faktanya di Filipina ya begitulah keadaannya. Bagaimana kekuatan religius di sebuah keluarga dijunjung kuat di setiap anggota keluarganya, namun kehidupan kelam tetap dialami hingga kasus infeksi HIV di tahun 2017 menjadi tertinggi diantara negara lainnya se-Asia Pacific. Ya fakta memang demikian, jadi film Kalel, 15 bisa dibilang sedikit penggambaran bagaimana negara yang memiliki banyak pulau indah dan cantik. Sosok Jun Lana rasanya tidak perlu diragukan lagi karena sudah mengantongi 27 penghargaan dan 45 nominasi di selama karirnya. Kalau di Indonesia mungkin Jun Lana ini seperti sutradara Garin Nugroho kali ya? 

Faktor konsep film yang diwarnai hitam dan putih rasanya ide cemerlang untuk menghidupkan emosi dan karakter para pemain Kalel, 15. Mungkin kalau tidak hitam dan putih akan menurun sedikit emosinya. Selain itu Elijah Canlas terlihat bagus sekali aktingnya menjiwai karakter Kalel. Walau terbilang baru karir di dunia perfilman sejak 2014, namun sudah 17 peran yang dilakoni Elijah hingga 2020 kemarin. Diantara banyaknya film yang dilakoninya, karakter Kalel berhasil membawa dirinya 4 piala penghargaan dan 4 nominasi di ajang penghargaan film. Membanggakan sekali. Elijah atau yang biasa dikenal dengan Jelo ini terbilang bagus chemistrynya dengan beberapa pemain pendukung lainnya seperti Eddie Gracia, Jaclyn Jose, Elora Españo hingga Gabby Padilla. Jika kamu belum menonton Kalel, 15 segerakanlah luangkan waktu sejenak untuk menonton film ini di Netflix. 

4/5

Komentar